Thursday, April 5, 2012

Pada saat ini pembelajaran Bahasa Inggris di Indonesia berkembang sangat pesat. Kita semua menyadari bahwa betapa pentingnya penguasaan bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional yang digunakan hampir di seluruh dunia. Orang menggunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain di belahan dunia ini. Mereka menggunakannya sebagai bahasa pengantar untuk memahami ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pada dasarnya bahasa adalah alat untuk menyampaikan gagasan, pikiran, pendapat dan perasaan. Di sini bahasa Inggris merupakan bahasa asing pertama di Indonesia yang dianggap untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Bahasa merupakan wahana komunikasi antar manusia yakni bahasa digunakan sebagai proses transmisi pesan dan merupakan kode yang penggunaannya ditentukan bersama oleh warga suatu kelompok atau masyarakat. Karenanya bahasa disebut berdimensi sosial. Ini berarti bahwa bahasa merupakan aspek kehidupan sosial manusia.

Dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, langkah pertama adalah penguasaan bahasa Inggris untuk mentransfer tentang ilmu pengetahuan dan teknologi, karena hampir semua perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dikemas dalam tulisan berbahasa Inggris. Oleh karena itu pemerintah telah memasukkan bahasa Inggris dalam Kurikulum Pendidikan Nasional untuk jenjang pendidikan SMP/MTs dan SMA/MA, atau Kurikulum Muatan Lokal untuk jenjang pendidikan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Banyak teknik-teknik pembelajaran bahasa Inggris di Sekolah Dasar yang mudah diterapkan, antara lain melalui lagu, gambar-gambar sederhana, cerita sederhana, permainan (game) dan sebagainya. Untuk itu peranan guru bahasa Inggris di Sekolah Dasar sangat diharapkan dalam menentukan peningkatan prestasi belajar bahasa Inggris siswa. Mengingat pentingnya peran guru Bahas Inggris di Sekolah Dasar, maka sudah selayaknyalah guru terus dipacu, dibina dengan baik, teratur dan berkesinambungan, sehingga memiliki kemampuan sesuai dengan tuntutan profesionalisme yang diharapkan.

Strategi pembelajaran melalui teknik-teknik tertentu sangatlah diperlukan. Hal ini dimaksudkan agar siswa memiliki motivasi tersendiri dalam mengikuti kegiatan pembelajaran bahasa Inggris, khususnya di sekolah dasar.

Pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan lagu adalah perpaduan dari teknik wacana untuk memperluas wawasan siswa dari isi wacana yang bertujuan agar siswa benar-benar memiliki keempat ketrampilan berbahasa (the four language skills) yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.

Pada dasarnya siswa sekolah dasar menyukai musik dan bermain. Dengan aktifitas ini mereka akan lebih serius dan tertarik dalam melakukannya. Penggunaan lagu yang akan disajikan kepada siswa sekolah dasar hendaknya disesuaikan dengan tingkatan usia dan karakter siswa. Untuk tingkatan siswa SD dipilihkan lagu-lagu yang syairnya sederhana, nada lagunya gembira, dan tidak kalah pentingnya adalah tema harus sesuai dengan tingkatan siswa dan karakter siswa, sehingga dengan kriteria-kriteria lagu tersebut siswa termotivasi dan pada akhirnya siswa memperoleh wawasan yang luas tentang listening yang diperoleh dari syair-syair lagu tersebut.

Perihal: Lagu Sebagai Sarana Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris
Peringkat: 4.5 - Diulas oleh: Unknown