Wednesday, April 4, 2012

Akhir dari rangkaian proses belajar mengajar adalah tes akhir suatu mata pelajaran yang dilakukan melalui Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester atau Ujian Kenaikan Kelas. Di dalam menghadapi Ujian Kenaikan Kelas bagi siswa maka perlu adanya refreshing terhadap materi ajar yang telah diterima oleh siswa selama mengikuti proses belajar mengajar.

Bagaimanakah caranya agar siswa tidak melupakan materi pelajaran yang telah diterimanya agar siswa nantinya siap menghadapi ujian kenaikan kelas yang siap atau tidak siap harus mereka hadapi? Dan bagaimana pula membuat suatu materi ajar agar tidak terlupakan oleh anak didik? Dalam  hal ini guru harus mencari metode untuk mengingatkan segala memori di benak siswa yang telah mereka terima. Dan seorang guru dituntut agar bisa membangkitkan kembali memori itu.
 
Salah satu metode pengajaran yang bisa membuat anak dapat mengingat kembali materi pelajaran yang telah mereka terima adalah model diskusi partisipasi melalui pembelajaran pada kompetensi dasar sebuah mata pelajaran. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri. Penjelasan dan pemeragaan akan membuahkan hasil belajar yang optimal melalui kegiatan belajar yang aktif kreatif dan menyenangkan.

Agar belajar menjadi aktif, siswa perlu mengerjakan banyak sekali tugas. Mereka harus menggunakan otak, mengkaji gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajar aktif harus gesit, menyenangkan, bersemangat dan penuh gairah. Bahkan tidak ada salahnya bila sering meninggalkan tempat duduk mereka, bergerak leluasa dan berfikir keras (moving about dan thinking aloud).

Penerapan model diskusi partisipasi mempunyai pengaruh yang sangat positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena siswa aka semakin tertarik dan berminat pada materi pelajaran sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.

Disamping itu, penerapan model diskusi partisipasi juga efektif untuk mengingatkan kembali materi ajar yang telah diterima oleh siswa, sehingga mereka merasa siap untuk menghadapi pelaksanaan ujian kenaikan kelas.

Namun untuk melaksanakan model diskusi partisipasi hendaklah dilakukan persiapan yang cukup matang. Guru harus dapat menentukan atau memilih topik yang benar-benar bisa diterapkan dengan tersebut sehingga diperoleh hasil yang optimal. Dan dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa, guru hendaknya lebih sering melatih siswa dengan berbagi metode, walau dalam taraf yang sederhana.  Dimana siswa nantinya dapat menemukan pengetahuan baru, memperoleh konsep dan keterampilan, sehingga siswa berhasil atau mampu memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya.

Perihal: Menerapkan Model Diskusi Untuk Meningkatkan Prestasi
Peringkat: 4.5 - Diulas oleh: Unknown